Senin, 29 Februari 2016

MASIH TEGA LIAT MEREKA "PUNAH" ?

http://www.internationalanimalrescue.org/sites/default/files/styles/large/public/IMG-20141217-WA002.jpg?itok=1wjEXt5m
MIRIS, ternyata lebih banyak orang luar negeri yang peduli, daripada orang lokal.
Sebenernya simpel, ORANGUTAN cuma butuh lahan buat tetep bertahan hidup. Kalo lahan buat dia tinggal aja susah, apalagi lahan buat dia cari makan?
Secara langsung pergi ke penangkaran, atau suaka marga satwa seperti yang ada di Tanjung Puting Kalimantan Tengah aku memang belom pernah. Tapi setiap pergi ke kebun binatang atau taman safari, aku merasa ada sesuatu yang unik dengan primata yang satu ini.
Tingkahnya sangat menggemaskan. Bahkan saat bermain main dengan primata ini, kita seperti bermain dengan manusia. Dia menggenggam dengan sangat erat, gerakannya kalem seperti belom makan sepuluh hari gitu. Makanya dia itu gemesin banget, menggugah naluri setiap orang yang "PEKA" buat peduli sama populasinya.
Belakangan ini, cuma karena perluasan lahan kelapa sawit rumah mereka hancur berantakan. Alasan manusia sih supaya perekonomian bisa terangkat. Selain itu, kamu juga pasti pernah denger kisah seorang orangutan yang dijadiin pelacur. Bayangin aja! Masih pantaskah mereka yang berlaku melebihi hewan itu disebut "manusia"?
Ayolah, perekonomian bisa dibangun dengan cara yang lain. Sekarang masyarakat lokal maupun dunia sudah mulai sadar akan rekreasi dan edukasi. Mereka lebih memilih pergi ke tempat yang berbasis "Nature". Jadi kan kita bisa membantu ORANGUTAN buat punya tempat tinggal yang layak, supaya populasi mereka terjaga.
ORANGUTAN itu cuma ada di Indonesia lhooo, jangan biarin hewan ini punah. Kita udah kehilangan Harimau Jawa, Harimau Bali, Kuau Bergaris Ganda, dan masih banyak lagi. Rela kah kamu mereka punah? Mau kah anak cucu kamu kelak kayak aku gini yang cuma tau nama hewan hewan yang udah punah itu tanpa bisa tau hewan-hewan itu secara langsung.
Ini bukan cuma kewajiban pemerintah atau para aktivis peduli hewan. Ini kewajiban aku, kamu, dan kita semua buat menjaga kelestarian mereka dan pastinya habitat mereka.
YUK PEDULI :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar